Profile

Join date: Sep 23, 2022

About

Proses Pasang Kawat Gigi dan Hal Yang lain Perlu Anda Kenali


Gigi yang kurang rapi tidak cuma membuat muka jadi kurang memikat, tapi bisa juga memacu beragam permasalahan kesehatan mulut dan gigi. Nach, behel atau kawat gigi menjadi jalan keluar yang Anda tentukan. Berikut proses pasang kawat gigi yang harus tahu.


Tingkatan proses pasang kawat gigi

Pasang behel atau kawat gigi menjadi satu diantara jalan keluar untuk membereskan gigi yang amburadul.


Gigi amburadul alias maloklusi bisa terjadi saat keadaan gigi bengkok, berjubal, bertumpang-tindih, atau tonggos (overbite).


Selainnya punya pengaruh pada performa, gigi amburadul dapat membuat Anda kesusahan bicara, menggigit, dan kunyah makanan.


Untuk menangani permasalahan ini, dokter gigi biasanya merekomendasikan pasien untuk lakukan proses pasang kawat gigi dengan tingkatan sebagai berikut dari Muda Beauty.


1. Berobat ke dokter gigi

Saat sebelum pasang kawat gigi, Anda wajib melakukan berobat ke dokter gigi lebih dulu.


Pada lawatan yang pertama, dokter akan lakukan pengecekan fisik pada gigi Anda. Dokter umumnya lakukan rontgen gigi atau dental X-ray untuk menyaksikan keadaan gigi Anda.


Berdasar hasil pengecekan itu, dokter gigi akan memandang mana perawatan gigi yang pas dan berapakah lama proses akan dilaksanakan untuk kasus Anda.


Kemudian, Anda dapat membuat janji jumpa selanjutnya untuk proses pasang kawat gigi.


2. Proses penempatan kawat gigi

Saat sebelum kawat gigi terpasang, permukaan gigi Anda lebih dulu dibikin bersih, dilumatkan, dan dikeringkan. Ini mempunyai tujuan supaya kawat gigi bisa menempel secara baik.


Sebuah bahan perekat berbentuk resin komposit yang sewarna dengan gigi akan ditempatkan pada permukaan gigi. Sesudahnya, dokter akan menyiapkan kawat gigi Anda.


Bracket pada kawat gigi akan diberi bahan perekat, lalu dilekatkan pada gigi yang sudah ditetapkan awalnya. Ini berperan sebagai "jangkar" untuk kawat gigi.


Dokter akan bersihkan kelebihan bahan perekat. Lantas, gigi dan kawat gigi diterangi dengan sinar memiliki kekuatan tinggi supaya ke-2 nya menempel dan tidak gampang terlepas.


Proses pasang kawat gigi ini biasanya memerlukan waktu sekitaran 20-30 menit, bergantung dari tingkat keparahan keadaan gigi Anda.


3. Perawatan sesudah pasang kawat gigi

Sesudah penempatan kawat gigi, Anda kemungkinan berasa sedikit ngilu dan tidak nyaman.


Ini disebabkan karena behel yang memikat gigi Anda dan memunculkan rasa ngilu, khususnya 4-6 jam sesudah proses usai.


Rasa ngilu akan bertahan sampai 3-5 hari dan memulai menyusut sekian hari sesudahnya. Dokter akan memberi obat penurun ngilu untuk menangani keadaan ini.


Disamping itu, Anda pun disarankan untuk konsumsi makanan yang empuk supaya tidak rasakan ngilu yang terlalu berlebih.


4. Pelepasan kawat gigi dan perawatan sesudahnya

Sesudah dokter gigi pastikan jika perawatan sudah usai, kawat gigi akan dilepaskan.


Bahan perekat yang sudah mengeras secara perlahan-lahan akan diperpecahkan dengan berhati-hati. Tersisa resin komposit yang menempel pada permukaan gigi dibikin bersih.


Dokter mewajibkan Anda untuk menggunakan retainer. Alat ini berperan untuk menahan gerakan gigi selanjutnya yang dapat jadi parah keadaannya.


Retainer kemungkinan harus dipakai untuk saat yang lumayan lama, bergantung dari gagasan perawatan dan berapakah lama pemakaian kawat gigi Anda.


5. Kontrol teratur

Sesudah demikian lama jalani proses pasang kawat gigit, Anda perlu kontrol teratur ke dokter gigi dengan Harga Behel Gigi termurah.


Kawat gigi kemungkinan jadi kendur seiring waktu berjalan. Mengakibatkan, kawat gigi tak lagi berkekuatan yang cukup buat mengganti status gigi Anda.


Kontrol teratur untuk menyaksikan perubahan gigi dan kencangkan kawat gigi seharusnya Anda kerjakan tiap 3-10 minggu, bergantung tipe kawat gigi yang dipakai.


Biasanya, kawat gigi kekinian punyai ketahanan yang lebih bagus hingga tidak membutuhkan kontrol teratur yang sering.


Kapan saat terbaik untuk memasangkan kawat gigi?

Biasanya, kawat gigi mulai terpasang saat semua gigi susu anak telah tanggal. Anda mulai bisa konsultasi ke dokter gigi saat anak berumur 7 tahun.


Diskusi bukan supaya anak langsung jalani proses pasang kawat gigi. Ini mempunyai tujuan untuk ketahui permasalahan gigi hingga dokter bisa tentukan tipe perawatan yang paling cocok dan efisien.


Gigi tetap secara umum akan tumbuh prima pada umur 8-14 tahun. Di saat berikut penempatan behel bisa dilaksanakan.


Waktu terbaik untuk pasang behel bergantung tingkat keparahan dan pemicu gigi amburadul.


Dalam kata lain, sebetulnya tidak ada waktu atau umur tentu untuk memasangkan behel. Beberapa anak bahkan juga mulai memakai behel pada umur 6 tahun.

RykerLariso

More actions